Jumat, 04 Mei 2012

Selintas Praktikum Pengolahan Citra Digital Part II

Pertemuan kemaren membahas tentang Registrasi image. Jadi Registrasi Image itu suatu proses menyamakan koordinat, dari suatu gambar dengan suatu sistem koordinat, atau istilah lain yang sering di sebut di lab yaitu diikat koordinatnya. dalam proses mengikat koordinat ini di pilih beberapa titik yang akan diikat, di sarankan memilih 4 titik dari setiap sudut, metode ini di sebut metode registrasi dengan acuan titik koordinat. 

Koreksi Geometrik

Data asli hasil rekaman senseor pada satelit maupun pesawat terbang merupakan representasi dari bentuk permukaan bumi yang tidak beraturan. Meskipun kelihatannya merupakan daerah yang datar, tetapi area yang direkam sesungguhnya mengandung kesalahan (distorsi) yang diakibatkan oleh pengaruh kelengkungan bumi dan atau oleh sensor itu sendiri. Pada bagian ini akan diuraikan secara ringkas tentang bagaimana cara melakukan koreksi geometrik, khususnya menggunakan perangkat lunak ERDAS.
Koreksi geometrik merupakan proses yang mutlak dilakukan apabila posisi citra akan disesuaikan atau ditumpangsusunkan dengan peta-peta atau citra lainnya yang mempunyai sistem proyeksi peta. Ada beberapa alasan atau pertimbangan, kenapa perlu melakukan rektifikasi, diantaranya adalah untuk:
  1.  Membandingkan 2 citra atau lebih untuk lokasi tertentu
  2.  Membangun SIG dan melakukan pemodelan spasial
  3.  Meletakkan lokasi-lokasi pengambilan “training area” sebelum melakukan klasifikasi
  4.  Membuat peta dengan skala yang teliti
  5.  Melakukan overlay (tumpang susun) citra dengan data-data spasial lainnya
  6.  Membandingkan citra dengan data spasial lainnya yang mempunyai skala yang berbeda.
  7.  Membuat mozaik citra
  8.  Melakukan analisis yang memerlukan lokasi geografis dengan presisi yang tepat. 

Sumber : http://geomatikainderaja.blogspot.com/p/koreksi-geometrik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar